Mengobati Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Ada berbagai jenis penyakit yang bisa diderita oleh cupang, salah satunya adalah sisik nanas. Sisik nanas pada ikan cupang merupakan penyakit yang biasanya dialami oleh pemula, karena masih belum bisa merawat dengan baik.

Mengobati sisik nanas pada ikan cupang memang bisa dikatakan sedikit mustahil, tapi bukan berarti tidak bisa, karena beberapa waktu yang lalu teman saya berhasil menyembuhkan penyakit ini. Bagaimana caranya? Berikut akan saya bahas.

Cara Mengobati Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Mengobati Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Seperti yang saya sampaikan diawal, pengobatan sisik nanas atau dropsy pada ikan cupang memang sedikit mustahil. Namun tidak ada salahnya jika kita ingin mencoba, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Siapkan botol akua ukuran 1 liter kemudian potong menjadi dua, kita gunakan bagian bawahnya
  2. Masukan garam ikan (bisa beli di toko ikan) secukupnya ke dalam akua botol
  3. Masuk air sekitar 3-4 cm, jangan terlalu banyak
  4. Tempatkan di tempat yang gelap dan jangan diberi pakan sekitar 3-7 hari
  5. Jika perutnya sudah mengempes, beri pakan menggunakan jentik nyamuk, namun jangan banyak-banyak, beri saja sekitar 3 ekor jentik nyamuk

Nah seperti itulah cara mengobati sisik nanas pada ikan cupang, namun disini saya tidak menjamin hal tersebut akan benar-benar berhasil. Karena dalam beberapa kasus ikan cupang tetap tidak tertolong.

Penyebab Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Sebelum masuk pembahasan cara mengobati, sebaiknya kita harus paham dulu tentang penyebab sisik nanas pada ikan cupang. Karena pada hakekatnya mencegah lebih baik daripada mengobati.

Baca Juga  Penyebab Ikan Cupang Betina Tidak Mau Kawin

Dengan mengetahui dengan baik penyebab-penyebab yang dapat mengakibatkan sisik nanas, kita tidak perlu lagi sibuk mencari cara mengobatinya. Berikut adalah penyebab sisik nanas pada cupang.

  • Pakan yang tidak higenis. Pakan ikan cupang yang kotor atau tidak higenis menjadi penyebab timbulnya penyakit ini.
  • Kondisi air yang kotor. Air kotor juga menjadi salah satu penyebab sisik nanas, sangat disarankan untuk mengganti air setiap 2 minggu 1 kali.

Dapat kita simpulkan, penyebab sisik nanas adalah bakteri yang mengakibatkan saluran pencernaan ikan cupang bermasalahnya. Ciri sisik nanas adalah badannya yang gemuk dan sisiknya yang terangkat seperti buah nanas.

Cara Mencegah Sisik Nanas Pada Cupang

Setelah mengetahui penyebabnya langkah yang harus kita ambil selanjutnya adalah langsung mengatasi sesuatu yang menjadi timbunya penyakit sisik nanas ini. Berikut adalah langkah pencegahan sisik nanas.

  • Hindari penggunaan cacing sutra. Cacing sutra biasanya menyimpan kotoran didalam perutnya (CMIIW), karena itu hindari memberi pakan cacing sutra.
  • Selalu membilas pakan terlebih dahulu ketika akan memberikan kepada ikan cupang.
  • Penggunaan kutir atau kutu air sangat direkomendasikan, atau bila perlu bisa menggunakan jentik nyamuk
  • Selalu mengganti air setiap 2 minggu 1 kali
  • Gunakan garam ikan secukupnya
  • Gunakan daun ketapang, atau bisa menggunakan daun pisan sebagai pengganti daun ketapang untuk ikan cupang.

Cara pencegahan seperti ini harus dilakukan, apalagi teman-teman sedang melakukan budidaya ikan cupang. Masalah sepele yang tidak lakukan bisa mengakibatkan kerugian yang cukup besar.

Apakah Sisik Nanas Pada Ikan Cupang Menular

Saya sering melihat banyak sekali yang bertanya-tanya tentang apakah sisik nanas pada ikan cupang menular? Jawaban menurut pengalaman kawan saya adalah menular. Kenapa bisa menular? Kan itu penyakit di dalam tubuh hewan?.

Baca Juga  Umur Berapa Burayak Cupang Bisa Makan Kutu Air?

Nah jika pertanyaannya mengapa saya juga kurang paham, namun ketika kawan saya budidaya ikan cupang dan salah satu ikan mengidap sisik nanas tapi tidak dipindahkan, cupang yang lainnya ikut terkena juga.

Jadi pelajaran untuk kita semua jika ada ikan yang terkena sisik nanas segera pindahkan atau karantina ke tempatnya sendiri dan segera diobati dengan cara diatas agar bisa tertolong.

Nah mungkin cukup sampai disini dulu pembahasan kita mengenai sisik nanas pada ikan cupang, semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat dan ikan teman-teman juga selalu diberikan kesehatan.

Tinggalkan komentar