Rumus Warna Ikan Cupang

Ikan cupang adalah jenis ikan hias air tawar yang terbaik saat ini. Tidak kenal usia, banyak orang yang memelihara ikan ini. Namun tahukah Anda, ternyata ikan cupang bisa dipersilangkan dengan mengetahui rumus warna ikan cupang.

Persilangan genetika adalah satu cara memadukan warna ikan cupang. Sehingga, jenis dan variasi warna tersebut bisa dihasilkan melalui sebuah rumus persilangan (perkawinan). Nah, bagaimana cara menyilangkan jenis ikan yang cantik ini?

Mengenal Rumus Warna Ikan Cupang Inbreed, Line breed, dan Crossbreed

Tahukah Anda, ada tiga jenis persilangan genetik cupang avatar. Dengan tiga cara ini, Anda bisa mendapatkan warna ikan cupang langka. Nah bagaimana sih rumus warna ikan cupang 3 jenis ini? Mari kita bahas satu per satu.

1. Rumus Inbreed

Rumus Warna Ikan Cupang

Jenis rumus kawin silang ikan cupang pertama adalah Inbreed. Jika Anda pernah belajar biologi di SMA, pasti tahu deh metode ini. Yakni, ikan cupang disilangkan dengan ikan lain yang masih memiliki hubungan darah.

Misal, ayah dikawinkan dengan anak betina atau ibu dikawinkan dengan anak jantan. Akhirnya, ada variasi genotip yang bisa memperkuat warna dari cupang. Metode inbreed ini cenderung menghasilkan ikan cupang yang memiliki warna kuat.

Cara mengawinkan ikan cupang ini lebih cocok dipakai jika Anda ingin mempertahankan kualitas keturunan jenis ikan cupang. Misal, ikan cupang Anda memiliki warna yang cantik, kekuatan bertarung yang hebat, atau memiliki variasi yang indah.

Untuk mempertahankan hal-hal semacam itu dalam kajian genotip, perkawinan inbreed adalah solusinya. Maka tidak heran jika anak hasil perkawinan Inbreed tidak begitu bervariasi, karena fokus tujuannya adalah menguatkan sifat keturunan ikan cupang.

2. Rumus Line breed

Rumus Warna Ikan Cupang

Cara menyilangkan warna ikan cupang yang kedua adalah metode Line breed. Line artinya garis, breed artinya berkembang biak. Maksudnya, perkawinan segaris, namun tidak langsung dengan induknya utama.

Misalnya, kakek cupang dengan cucu. Dalam kajian biologi, simbolnya ditulis dengan huruf P2 (kakek) dan F2 (keturunan cucu). Persilangan itu bisa menghasilkan keturunan cupang yang memiliki sifat dan ciri seperti kakek.

Jadi, dalam hal variasi mungkin belum luas. Karena memang sama seperti inbreed, metode ini bertujuan untuk menguatkan sifat kakek cupang. Apalagi jika ayah cupang tidak begitu mewarisi sifat dari kakek cupang.

Baca Juga  Berapa Kali Ikan Cupang Betina Bisa Dikawinkan

Rumus genetika ikan cupang ini tentu saja tetap bisa digunakan untuk menurunkan sifat induk. Sehingga, sifat kakek dan cucu tetap bisa menurun pada anak pada hasil linebreed. Variasi genotip mungkin saja tetap bisa terjadi, namun tidaklah dominan.

3. Rumus Crossbreed

Rumus Warna Ikan Cupang

Secara bahasa, cross artinya silang, breed artinya berkembang biak. Metode persilangan ikan cupang ini dilakukan dengan mengawinkan satu cupang dengan cupang lain tanpa ikatan darah sama sekali. Jadi, benar-benar murni asli cupang lain.

Rumus warna ikan cupang crossbreed ini adalah perpaduan dari dua indukan. Jika Anda tidak menemukan warna yang diinginkan pada F1, maka bisa jadi timbul di F2 (keturunan kedua) dan seterusnya.

Metode Crossbreed ini adalah cara mengawinkan ikan cupang paling efektif, jika Anda ingin mencari variasi warna yang diinginkan. Misal, Anda ingin mencetak warna ikan cupang blue rim, maka Anda harus mengawinkan dua ikan cupang dengan dua warna dasar tersebut.

Metode crossbreed ini bahkan bisa melahirkan ikan cupang langka. Karena memang disilangkan dengan jenis yang berbeda dan dari jenis lain. Maka dari itu, jika Anda ingin bereksperimen, rumus ini adalah metode paling tepat.

Tiga metode persilangan ikan cupang di atas boleh Anda pilih. Rumus-rumusnya juga bisa Anda pahami agar paham bagaimana cara mendapatkan ikan cupang yang diinginkan. Namun, selain meninjau rumus warna ikan cupang di atas, Anda harus tahu bagaimana tips berhasil mengawinkan ikan cupang agar menghasilkan warna yang diinginkan.

Tips Cara Menyilangkan Warna Ikan Cupang yang Wajib Diperhatikan

Setelah mengetahui rumus warna ikan cupang, Anda juga wajib tahu bagaimana cara efektif mengawinkan ikan cupang agar timbul warna yang Anda inginkan. Diantara tips perkawinan ikan cupang adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Indukan yang FIT

Tips pertama adalah masalah indukan. Genetika warna ikan cupang akan benar-benar bisa terbentuk sempurna, jika sperma yang dikeluarkan dan telur yang akan dibuahi benar-benar sehat. Maka dari itu, indukan harus fit.

Sekeras apapun Anda mempelajari rumus persilangan warna ikan cupang, kami jamin akan gagal jika indukan tidak berkualitas. Maka dari itu, pastikan kesehatan ikan cupang yang hendak Anda kawinkan.

Diantara indikator indukan ikan cupang yang FIT adalah sebagai berikut:

  • Ikan cupang memiliki pergerakan yang gesit
  • Warna ikan cupang cerah dan tidak pudar
  • Tidak dalam masa pergantian tempat tinggal
  • Mendapatkan asupan makanan yang cukup dan sesuai
Baca Juga  Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Empat indikator di atas adalah indikator pasti menentukan kesehatan ikan cupang. Jika satu saja indikator di atas tidak terpenuhi, lebih baik cari indukan yang baru. Jika tidak, Anda bisa mengusahakan indukan tersebut agar FIT terlebih dahulu.

2. Wadah dan Kualitas Air Jangan Disepelekan

Bak pentingnya kualitas udara bagi manusia, air adalah bagian terpenting dari ikan cupang. Jika air di wadah ikan cupang Anda kotor dan bahkan tercemar, kami jamin genetika persilangan bisa bergeser secara DNA.

Akhirnya, warna ikan cupang yang Anda inginkan tidak terjadi. Maka dari itu, kebersihan air dan bahkan pH air harus Anda perhatikan. Jangan sampai terkontaminasi oleh zat-zat yang berbahaya untuk kesehatan ikan cupang.

Lingkungan ikan cupang pun juga perlu Anda perhatikan. Persilangan ikan cupang butuh tempat yang kondusif, mulai dari replikasi tumbuhan kecil atau sejenisnya. Sehingga membuat si-cupang menjadi nyaman.

3. Asupan Makanan Cukup dan Bergizi

Gen ikan cupang sangatlah dipengaruhi oleh makanan. Anda tidaklah perlu bingung mencari makanan cupang dimana. Ada banyak penjual makanan cupang berkualitas di zaman ini. Apalag isetelah ikan cupang marak dipelihara oleh orang-orang.

Beberapa hal yang Anda harus perhatikan untuk makanan cupang adalah sebagai berikut:

  • Takaran kecukupan (dosis) pemberian makan cupang
  • Jadwal pemberian makan yang disiplin
  • Jadwal pemberian makan yang disiplin

Tiga hal tersebut harus Anda penuhi. Hal itu semata-sama demi kesehatan ikan cupang Anda. Sehingga ketika perkawinan silang dilakukan, rumus warna ikan cupang yang Anda rencanakan tidaklah meleset.

4. Pahami Proses Perkawinan dengan Baik

Tips yang terakhir adalah memahami proses perkawinan ikan cupang. Anda harus mengerti kapan masa perkenalan, penyesuaian perilaku, tanda ikan cupang siap kawin, proses mengeluarkan telur, hingga berhenti mengeluarkan telur.

Hal tersebut menjadi begitu penting karena setiap masa harus dilihat dan direspon. Jika Anda tidak tanggap, boleh jadi ketika telur sudah keluar tapi proses penetasannya cacat. Maka dari itu, Anda harus memahami masalah teknis perkawinan ikan cupang.

Penutup

Demikian penjelasan tentang rumus warna ikan cupang dan bagaimana cara menghasilkan keturunan ikan cupang yang Anda inginkan. Namun tetap ingat, kesabaran dan terus mencoba berbagai metode persilangan harus Anda lakukan. Karena proses persilangan genotip ikan cupang tidaklah dalam hitungan menit atau jam, tapi bisa dikatakan cukup lama.