Penyebab Ikan Cupang Betina Tidak Mau Kawin

Budidaya ikan cupang terkadang tidak semudah yang kita bayangkan, ada saja masalahnya seperti betina yang tidak ingin kawin. Lantas apa penyebab ikan cupang betina tidak mau kawin?.

Pada kesempatan ini Dolimoni akan memaparkan beberapa penyebab ikan cupang betina tidak mau kawin agar bisa mendapatkan solusi untuk teman-teman supaya berhasil mengawinkan ikan cupang.

7 Penyebab Ikan Cupang Betina Tidak Mau Kawin

Ada beberapa faktor ikan cupang betina tidak mau kawin, sehingga kita sebagai breeder perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini. Faktor-faktor ini akan sangat mempengaruhi keberhasilan dari perkawinan ikan cupang.

1. Ikan Cupang Betina Belum Full Telur

Penyebab Ikan Cupang Betina Tidak Mau Kawin

Seperti yang sudah kita bahas pada kesempatan sebelumnya, ciri ciri ikan cupang betina yang siap kawin adalah sudah full telur atau perutnya sudah terisi penuh dengan telur, yang bisa kita lihat berwarna putih memanjang dari bawah perut hingga ke bagian tengah perut.

Nah silahkan lihat perut ikan betina kalian, apakah sudah full telur atau belum? Jika belum silahkan berikan pakan jentik nyamuk sebagai pakan utama. Jentik nyamuk dipercaya mampu memperbanyak telur ikan cupang dalam waktu satu minggu.

2. Usia Ikan Cupang Betina Terlalu Muda

Selanjutnya penyebab ikan cupang betina tidak mau kawin adalah usianya yang terlalu muda atau belum saatnya untuk dikawinkan. Usia ikan cupang yang sudah siap kawin sekitar 4 bulan keatas, jadi pastikan ikan betina kalian sudah berusia 4 bulan lebih.

Baca Juga  Ciri Ciri Ikan Cupang Betina dan Jantan Siap Kawin

Selalin terlalu muda, terlalu tua juga mempengaruhi produksi telur ikan cupang itu sendiri. Jadi disarankan untuk tidak mengawinkan ikan yang usianya sudah terlalu tua seperti 1 tahun keatas karena produksi telurnya sudah tidak seperti dia muda.

3. Ukuran Indukan Betina dengan Jantan Berbeda Jauh

Ukuran indukan yang ideal adalah jantan sedikit lebih besar dari betina. Ketika betina yang terlalu besar akan mempersulit pejantan untuk memeras telur dari perut sang betina dalam proses perkawinan.

Dan jika betina yang jauh lebih kecil dari jantan akan membuat si betina ketakutan, sehingga mereka tidak akan melakukan perkawinan. Jadi gunakan indukan yang ukurannya tidak terlalu berbeda jauh.

4. Cupang Betina dalam Keadaan Stress

Salah satu yang menjadi penyebab ikan cupang betina tidak mau kawin adalah ketika dia dikawinkan dalam keadaan stress. Banyak yang menjadi faktor mengapa ia menjadi stress, misalnya jatuh ke tanah atau ke ubin.

Ciri-ciri ikan cupang betina dalam keadaan stress adalah warna menjadi pucat, banyak bersembunyi di suatu tempat dan biasanya tidak nafsu makan. Jika seperti ini lebih baik rawat dulu betina secara intensif agar kembali normal.

5. Ikan Cupang Betina dalam Keadaan Sakit

Seperti semua makhluk hidup, ketika dalam keadaan sakit tidak akan menyempatkan diri untuk melakukan perkawinan karena ada suatu hal yang menjadi pengganggu, yaitu rasa sakit.

Ada banyak macam penyakit yang bisa dialami oleh ikan cupang dan biasanya ketika dia sedang stress akan lebih mudah untuk terkena penyakit. Ciri utama ikan cupang yang sakit adalah terlihat lemas.

6. Sering Dilihat

Kalian pasti sering menengok atau melihat ikan cupang yang sedang kawin kan? Jika iya, maka hal ini menjadi salah satu penyebab ikan cupang betina tidak mau kawin. Mengapa demikian?.

Baca Juga  Cara Merawat Burayak Ikan Cupang

Tidak perlu bertanya mengapa karena pada dasarnya semua makhluk hidup termasuk manusia dan ikan cupang tidak ingin dilihat ketika sedang melakukan proses perkawinan, karena mereka akan merasa terganggu.

7. Lingkungan yang Ramai

Lingkungan atau keadaan sekitar tempat ikan cupang dikawinkan akan mempengaruhi proses perkawinan ikan cupang. Pasalnya kedua ikan baik jantan maupun betina butuh keadaan lingkungan yang tenang. Jadi pastikan menjodohkan tempat yang tenang.

Nah itu adalah beberapa penyebab ikan cupang betina tidak mau kawin. Silahkan evaluasi penyebab mana saja yang sekiranya kalian alami, benahi dari sekarang agar ikan betina mengeluarkan telurnya dengan jumlah yang banyak.

Tinggalkan komentar