Pengganti Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Daun ketapang memiliki banyak sekali manfaat bagi kelangsungan hidup ikan. Namun tidak sedikit orang kesulitan untuk menemuinya, oleh sebab itu apakah ada pengganti daun ketapang untuk ikan cupang?

Sebelumnya kita sudah membahas cara mengawinkan ikan cupang yang memerlukan daun ketapang agar lebih bagus. Jika tidak ada bagaiaman? Tenang saja, kali ini Dolimoni akan memaparkan 2 pengganti daun ketapang untuk ikan cupang.

2 Pengganti Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Mungkin teman-teman semua bertanya, mengapa sih harus menggunakan daun ketapang? Apakah sepenting itu? Jawabannya adalah penting, karena daun ketapang memiliki beberapa fungsi.

  • Menurunkan pH air yang tinggi. Umumnya pH air yang bagus untuk ikan cupang adalah 6,2-7. Dengan memberikan daun ketapang, pH air tersebut akan menjadi stabil sehingga bagus untuk ikan.
  • Mampu membasmi jamur. Biasanya jamur adalah masalah umum yang biasa dialami oleh cupang. Dengan memasukan olahan daun ketapang bisa mengurangi jamur tersebut.
  • Bisa mengobati luka. Ketika mengawinkan ikan cupang, mereka akan sedikit berkelahi yang mengakibatkan luka. Daun ini sangat bagus untuk mengobati luka-luka tersebut.
  • Dan lainnya.

Dengan manfaat yang begitu banyak, maka sangat diwajibkan menggunakan olahan daun ketapang untuk ikan cupang. Namun masalahnya tidak semua daerah di Indonesia terdapat pohon Indian Almond Leaves atau ketapang.

Sebenarnya, saat ini sudah banyak sekali orang yang menjual olahan daun ketapang, bahkan untuk ekstraknya sekalipun sudah banyak dijual. Namun kita harus mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.

Oleh karena itu, alternatif pengganti daun ketapang untuk ikan cupang perlu diketahui agar tidak terlalu fokus untuk mencari ketapang. Berikut adalah beberapa pengganti yang memiliki fungsi hampir sama.

Baca Juga  Cara Memijah Ikan Cupang

1. Daun Pisang Kering (klaras)

Pengganti Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Pengganti daun ketapang pertama yang sangat mudah ditemukan adalah daun pisang. Daun pisang bisa ditemukan diberbagai daerah, atau bisa membelinya ke pasar yang menjual sayuran.

Dalam penggunaannya, daun pisang tidak bisa langsung dimasukan ke dalam air. Ia harus dikeringkan terlebih dahulu hingga benar-benar kering dengan ciri seperti kerupuk jika diremas.

Jika sudah seperti itu maka daun pisang sudah siap digunakan untuk ikan cupang. Untuk fungsinya tidak jauh berbeda dengan daun ketapang.

Informasi yang saya ketahui, daun pisang bisa menghasilkan yang namanya Infusoria. Infusoria merupakan makanan burayak yang sangat bagus, jadi jika kalian tidak mengetahui cara merawat burayak ikan cupang maka bisa memberikan daun pisang kering.

2. Daun Jati Kering

Pengganti Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Sebagai pengganti daun ketapang untuk ikan cupang, daun jati kering sudah cukup bagus. Daun jati mampu memaksimalkan perkembangan warna atau mutasi ikan cupang, walaupun hal ini juga tergantung dari gen indukannya.

Selain itu, daun ini juga mampu membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh ikan, sehingga tubuh akan terlihat bersih dan segar. Untuk penggunaan daun jati sedikit berbeda dengan yang lainnya, berikut adalah cara menggunakannya.

  1. Bersihkan daun jati kemudian jemur hingga kering
  2. Siapkan wadah lalu isi air dan masukan daun jati yang sudah dikeringkan secukupnya
  3. Masukan ikan cupang ke air tersebut dan diamkan ditempat yang gelap selama 2-3 hari
  4. Kemudian pindahkan lagi ikan cupang ke air bening dan jemur kurang lebih sekitar 10 menit.

Penjemuran dilakukan hanya sekitar 10 menit. Jangan sampai air ikan cupang tersebut panas karena akan menyebabkan kematian.

Nah itulah 2 pengganti daun ketapang untuk ikan cupang yang sering digunakan baik bagi breeder ataupun penghobi. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Baca Juga  Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Tinggalkan komentar