Rekomendasi Makanan Ikan Cupang untuk Warna

Makanan Ikan Cupang untuk Warna – Meskipun di luar sana sudah tersedia banyak sekali pakan ikan cupang yang siap untuk digunakan. Akan tetapi untuk menambah variasi pakan ikan cupang kita juga bisa menggunakan bahan-bahan yang alami. Selain agar ikan cupang tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja, makanan yang beragam juga baik untuk menjaga kesehatannya.

Hal itu karena nutrisi dan vitamin yang didapatkan oleh ikan cupang juga semakin beragam. Sehingga gizinya dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu penggunakan pakan yang tepat juga ternyata dapat berdampak pada warna tubuh ikan cupang. Nah, dalam artikel kali ini kami telah memiliki sejumlah rekomendasi makanan ikan cupang agar warnanya bagus dan semakin indah.

Makanan Ikan Cupang untuk Warna yang Bagus

Selain pakan berupa pelet sebenarnya ada banyak sekali makanan alami yang bisa diberikan untuk ikan cupang kamu. Apalagi makanan alami ini juga lebih bergizi dan sangat baik untuk ikan cupang. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi makanan ikan cupang agar cepat besar dan punya warna yang cerah.

Baca juga: Cara Ternak Ikan Cupang

1. Jentik Nyamuk

Rekomendasi Makanan Ikan Cupang untuk Warna

Makanan ikan cupang untuk warna yang paling sering di berikan kepada ikan cupang. Jentik nyamuk atau sering disebut dengan cuk ini memang sangat mudah untuk didapatkan. Memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, jentik nyamuk cocon diberikan kepada anakan ikan cupang yang masih dalam pertumbuhan.

Untuk mendapatkan jentik nyamuk kamu bisa memasukkan air cucian beras kedalam sebuah ember dan meletakkannya di tempat yang gelap. Tunggulah selama beberapa hari sampai jentik-jentik nyamuk berada di dalam ember. Jika malas melakukannya, ada banyak orang yang menjual jentik nyamuk di pasar ikan hias, harganya pun sangat ekonomis.

Baca Juga  Cara Merawat Ikan Cupang yang Baik dan Benar

2. Cacing Sutra

Rekomendasi Makanan Ikan Cupang untuk Warna

Cacing rambut atau yang lebih kita kenal dengan cacing sutra ini juga bisa menjadi pilihan makanan alami dan bergizi untuk ikan cupang kamu. Cacing sutra bisa dengan mudah kamu dapatkan karena biasanya mereka hidup di air kotor dan keruh seperti selokan.

Namun kamu tak perlu repot dan kotor-kotoran untuk mencari cacing sutra di selokan. Karena sudah banyak yang membudidayakan cacing jenis ini, jadi kamu bisa langsung membelinya di pasar ikan hias maupun secara online juga banyak yang menjualnya.

3. Cacing Darah

Rekomendasi Makanan Ikan Cupang untuk Warna

Karena memiliki warna yang merah menyala, tak jarang orang menyebut cacing darah dengan cacing merah. Cacing darah adalah rekomendasi kami berikutnya untuk makanan ikan cupang hias agar memiliki warna yang cerah dan indah.Meskipun kandungan protein pada cacing darah tidak sebanyak pada jenis pakan ikan cupang lain.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Cupang

Akan tetapi, cacing darah dipercaya banyak orang sangat baik untuk membuat warna ikan cupang jadi lebih cerah. Jadi tak ada salahnya untuk memberikan cacing darah sebagai pakan ikan cupang kamu agar warnanya bisa semakin cerah dan cantik.

5. Kutu Air

Kutu air menjadi salah satu makanan alami yang sangat cocok diberikan pada burayak ikan cupang. Jenis pakan alami ini sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh anakan ikan cupang sekaligus juga sangat baik untuk membuat warna ikan cupang menjadi lebih cerah dan menyala.

Sayangnya karena kandungan lemak yang cukup rendah, kamu harus menyiasatinya dengan mengkombinasikannya dengan pakan lain. Sehingga kebutuhan nutrisi burayak ikan cupang bisa terpenuhi dan dapat membantu pertumbuhannya agar lebih maksimal.

6. Microworms

Makanan ikan cupang untuk warna berikutnya yang bisa kamu berikan adalah microwormd. Sesuai dengan namanya, ukuran dari cacing ini memang sangatlah kecil. Oleh karena itulah, microworms ini sangat cocok di berikan pada anakan ukan cupang yang masih kecil.

Baca Juga  Indukan Cupang Jantan Diambil dari Tempat Pemijahan Pada Saat?

Kamu juga bisa membudidayakan microworms dengan mudah di rumah. Namun sebelumnya kamu harus membeli microworms terlebih dahulu dari pedagang ikan hias dan meletakkannya di dalam wadah, misalnya toples. Berikan remahan roti tawar sebagai makanannya dan biarkan microworms berkembangbiak dengan sendirinya.

7. Lalat Buah

Lalat buah juga bisa menjadi alternatif pakan untuk ikan cupang. Lalat memiliki nutrisi yang tak kalah banyak dari jenis pakan ikan cupang lainnya. Akan tetapi, disarankan untuk tidak terlalu banyak memberikan lalat untuk pakan ikan cupang serta sebelumnya kamu juga harus memisahkan kepalanya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ikan cupang.

Baca juga: Cara Memijah Ikan Cupang

8. Artemia

Artemia atau brine shrimp merupakan sejenis udang namun dengan ukuran yang sangat kecil dan hidup di lautan. Meski punya ukuran yang kecil namun kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangatlah tinggi yang membuat artemia sering dipakai sebagai makanan ikan cupang alami.

Kandungan protein yang sangat tinggi, membuat artemia juga cocok diberikan pada anakan ikan cupang untuk mendukung pertumbuhannya agar lebih cepat. Agar kadar garam yang ada pada artemia bisa sedikit berkurang, ada baiknya kamu terlebih dahulu membilasnya sebelum memberikannya ke ikan cupang.

8. Burayak Guppy

Menjadi salah satu jenis ikan yang cukup mudah ditemukan karena ikan guppy termasuk ikan yang mudah dikembang biakkan. Anakan ikan guppy atau burayak guppy adalah makanan yang sangat baik jika diberikan pada ikan cupang. Hal itu karena kandungan nutrisi yang ada pada burayak guppy sangat membantu dalam mempercepat pertumbuhan ikan cupang serta dapat memaksimalkan performanya.

Kesimpulan

Dalam memelihara atau membudidayakan ikan cupang memang dibutuhkan perhatian khusus agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga serta warnanya bisa semakin cantik. Dengan memberikan makanan yang terbaik, maka dijamin ikan cupang milikmu akan memiliki tubuh yang sehat serta warna yang cerah dan cantik.