Indukan Cupang Jantan Diambil dari Tempat Pemijahan Pada Saat?

Setelah berhasil mengawinkan ikan cupang dan telur yang dikeluarkan oleh betina sudah berhasil menetas, indukan cupang jantan diambil dari tempat pemijahan pada saat? Mari kita bahas.

Jadi setelah melakukan cara mengawinkan ikan cupang yang sudah dibahas sebelumnya, telur akan menetas dan ada saatnya harus memindahkan indukan jantan dari tempat pemijahan. Lantas kapan waktu pemindahan indukan jantan yang tepat?

Indukan Cupang Jantan Diambil dari Tempat Pemijahan Pada Saat?

Tujuan dari mengambil indukan dari tempat pemijahan adalah untuk mengurangi resiko burayak dimakan oleh indukan jantan tersebut. Selain itu, peran jantan juga sudah tidak dibutuhkan lagi.

Jadi indukan cupang jantan diambil dari tempat pemijahan pada saat burayak sudah mampu berenang secara mandiri. Mungkin kalian akan bertanya-tanya kapan burayak bisa berenang sendiri?.

Biasanya burayak sudah bisa berenang sendiri ketika berusia 3-4 hari, bisa dilihat apakah burayak sudah menyebar atau masih berkumpul di satu tempat yang sama. Jika sudah menyebar maka indukan jantan bisa diambil.

Jangan sampai mengambil jantan pada saat burayak masih belum bisa berenang sendiri. Burayak yang baru menetas terkadang akan berjatuhan dan tenggelam ke dasar air, dan ini cukup berbahaya.

Disinilah peran jantan sebagai indukan untuk menjaga burayaknya, jantan akan mengambil burayak yang berjatuhan dengan cara dimasukkan ke dalam mulut (seperti dimakan tapi tidak), yang kemudian dikembalikan lagi ke buih-buih.

Jika tidak ada indukan jantan, burayak yang tenggelam bisa saja mengalami kematian. Oleh sebab itu jangan sampai salah dalam pemilihan waktu untuk memisahkan burayak dengan indukan jantan.

Kami biasanya, indukan cupang jantan diambil dari tempat pemijahan pada saat berusia 4 hari. Di hari ke-4 inilah burayak sudah bisa diberi makan, jadi kami mengambil pejantan dan memberikan makan dengan artemia.

Baca Juga  Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Jadi untuk pertanyaan kapan memisahkan indukan jantan dari anaknya adalah ketika burayak berusia 4 hari dan sudah bisa berenang sendiri tanpa membutuhkan bantuan dari sang jantan.

Nah mungkin cukup sampai disini pembahasan kita kali ini, semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Maju terus cupang indonesia.