Ciri Ciri Ikan Cupang Sudah Bertelur

Sebelumnya kami sudah membahas ciri ciri ikan cupang betina hamil, nah pada kesempatan ini Dolimoni akan memaparkan ciri ciri ikan cupang sudah bertelur agar bisa segera memisahkan indukan betina dengan telurnya.

Indukan betina perlu dipisahkan dari telurnya karena dikhawatirkan dia akan memakan telurnya sendiri. Hal ini sering saya alami ketika saat masih awam dalam melakukan budidaya ikan cupang.

Pada saat telur dikeluarkan, peran yang dibutuhkan hanyalah dari pejantan. Untuk mengetahui kapan memisahkan betina dari telurnya dengan tepat waktu, perlu mengetahui cici ciri ikan cupang sudah bertelur atau tidak, berikut pembahasannya.

Ciri Ciri Ikan Cupang Sudah Bertelur Ala Dolimoni

Proses budidaya ikan cupang terbilang cukup cepat dibandingkan dengan hewan lainnya. Dalam waktu beberapa hari saja telur ikan cupang sudah dikeluarkan oleh betina. Lantas apa ciri ciri ikan cupang sudah bertelur?.

Ciri ciri ini bisa diketahui dari karakter yang ditunjukan oleh kedua ikan cupang. Gerak gerik ikan yang sudah selesai bertelur dengan yang belum akan berbeda. Jadi berikut adalah ciri ciri ikan cupang sudah selesai bertelur.

1. Pose Ikan Cupang Kawin

Ciri Ciri Ikan Cupang Sudah Bertelur

Hal pertama yang dilakukan oleh ikan cupang kawin untuk mengeluarkan telur dari perut betina adalah pejantan akan melilit perut betina hingga mengeluarkan telur. Betina yang dililit akan terlihat mati mengambang.

Ini merupakan proses perkawinan, pose ini akan dilakukan beberapa kali hingga telur keluar secara menyeluruh. Satu kali lilitin telur bisa keluar hingga 40 butir, sedangkan sang betina bisa saja memiliki 500 butir telur.

Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi sabar hingga telur keluar semuanya. Jika kamu melihat pose seperti ini segera tutup wadah pemijahan dan jangan sering melihatnya.

Jika sering dilihat, indukan akan stres dan bisa memakan seluruh telur yang telah dikeluarkan. Pose ini mencirikan bahwa ikan berhasil kawin dan telur sudah keluar namun belum semuanya.

2. Pejantan Berenang Ke Bawah dan Ke Atas

Kemudian ketika proses lilitan sudah selesai, pejantan akan sibuk untuk berenang ke bawah dan ke atas secara terus menerus. Langkah ini dia lakukan untuk mengambil telur yang berjatuhan di dasar air yang kemudian disimpan di gelembung yang telah dibuatnya.

Baca Juga  Penyebab Ikan Cupang Betina Tidak Mau Kawin

Karena betina tidak bisa melepaskan telurnya di tempat yang sudah disediakan oleh pejantan, yakni pada buih atau gelembung. Betina akan melepaskan telur tersebut secara sembarang, artinya dimana saja.

Pejantan mengambil telur-telur tersebut dengan cara dimasukan ke dalam mulutnya, memang terlihat seperti ingin memakannya. Namun tenang saja, dia akan mengeluarkannya kembali pada saat naik ke atas.

Ciri ciri ikan cupang sudah bertelur pada tahap ini masih belum bisa dipastikan apakah telur sudah keluar semuanya atau belum. Jadi silahkan tutup kembali wadah pemijahan dan biarkan mereka melanjutkan proses perkawinannya.

3. Buih Berwarna Putih Susu

Ciri ciri ikan cupang sudah bertelur selanjutnya adalah buih atau gelembung yang telah dibuat jantan akan berwarna seperti putih susu. Warna putih tersebut merupakan warna telur ikan cupang.

Jika buih masih berwarna transparan berarti masih belum ada telurnya. Silahkan tunggu hingga buih atau sarang ikan tersebut berwarna putih. Ini merupakan ciri yang sangat jelas untuk dilihat.

Jikas masih kurang jelas bisa menggunakan senter lampu. Namun untuk mengeceknya harus dengan waktu yang singkat, jangan berlama-lama karena ikan akan terganggu dan mengakibatkan stres.

4. Ikan Cupang Betina Diam Dipojokan

Ciri ciri ikan cupang sudah bertelur selanjutnya, jika ikan cupang betina sudah diam dipojokan wadah pemijahan maka artinya telur sudah keluar semua. Dengan catatatn, perut ikan mengecil dan buih sudah berwarna putih susu.

Poin ke empat merupakan ciri ciri ikan cupang sudah bertelur yang sangat jelas sekali untuk dilihat. Pasalnya, hampir semua proses perkawinan ikan cupang, betina akan diam dipojokan setelah melepaskan telurnya.

5. Indukan Jantan Menjaga Telur

Ada alasan mengapa indukan betina diam dipojokan seperti yang sudah dijelaskan pada poin 4. Alasannya adalah ketika budidaya ikan cupang dan betina sudah melepaskan telurnya, jantan akan menjaga telur tersebut.

Jantan akan menjaga telurnya tetap aman dari siapapun, termasuk betina. Jadi pada saat ini betina sudah bisa diambil untuk dipisahkan dari jantan dan telurnya karena sudah tidak memiliki peran lagi.

Pastikan wadah baru untuk betina sudah disiapkan dengan campuran daun ketapang dan garam ikan. Seperti yang kita ketahui, ketika ikan cupang kawin mereka pasti bertengkar. Untuk memulihkan kondisi ikan, daun ketapang dan garam ikan sangatlah tepat.

Indukan jantan akan menjaga telurnya selama beberapa hari hingga telur tersebut menetas. Telur sendiri akan menetas dengan waktu yang cukup cepat, yakni sekitar 1-2 hari. Berbeda dengan hewan seperti burung yang membutuhkan waktu beberapa hari.

6. Telur Ikan Cupang Menetas

Setelah 1 sampai 2 hari berlalu, telur ikan cupang akan menetas dengan ciri bintik hitam didalam gelembung. Anakan cupang masih berada didalam gelembung dan belum saatnya untuk keluar.

Baca Juga  Cara Merawat Burayak Ikan Cupang

Mereka belum bisa keluar karena masih tidak mampu untuk berenang sendiri. Dan disini indukan jantan akan merawat anak dia, ketika burayak jatuh ke dasar air, sang jantan akan membawanya kembali ke dalam gelembung.

Cara membawanya memang sedikit membuat kesalahpahaman, karena pejantan akan terlihat seperti memakan anaknya sendiri. Namun beberapa saat kemudian, ia akan mengembalikannya ke dalam gelembung.

Setelah anakan cupang tersebut bisa berenang sendiri, maka tugas dari pejantan sudah berakhir. Silahkan pisahkan jantan dari anaknya, karena jantan juga bisa memakan anaknya sendiri jika stres.

Tips Mengawinkan Ikan Cupang

Ciri Ciri Ikan Cupang Sudah Bertelur

Selain membahas ciri ciri ikan cupang sudah bertelur, Dolimoni ingin sedikit memberikan tips dalam mengawinkan ikan cupang sebagai tambahan ilmu untuk teman-teman yang akan memulai ternak.

Salah satu hal yang penting dalam ternak adalah mengetahui ciri ciri ikan cupang sudah bertelur atau belum, namun masih banyak hal penting lainnya yang perlu diketahui oleh para breeders.

1. Gunakan Indukan yang Berkualitas

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakanlah indukan yang memiliki kualitas tinggi. Mulair dari warna yang strong, kesehatan tubuh hingga mental ikan itu sendiri. Indukan yang berkualitas akan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Dengan mencetak ikan-ikan berkualitas, tentu saja kita sebagai peternak akan mendapatkan untung yang sangat besar atas penjualan ikan tersebut. Ikan yang memiliki kualitas tinggi bisa dijual dengan harga yang tinggi.

2. Beri Pakan Indukan Betina dengan Jentik Nyamuk

Sebelum mengawinkan ikan cupang, berilah pakan jentik nyamuk untuk betina 1 mingu sebelum proses perkawinan. Hal ini membantu untuk mengisi telur pada perut betina tersebut, semakin banyak telur semakin banyak pula burayak yang dihasilkan.

3. Jangan Sering Melihat Ikan Cupang yang Sedang Kawin

Sering sekali para pemula menengok atau melihat ikan cupang yang sedang kawin. Bahkan setiap jam sekali mereka melihatnya. Hal ini salah besar, disarankan sekali untuk tidak melihat proses perkawinan mereka.

Lihatlah 24 jam sekali untuk mengetahui perkembangan dari perkawinan mereka. Namun jangan lama-lama, jika dilihat dala, waktu yang lama dikhawatirkan akan terjadi stres pada ikan cupang itu sendiri.

Jika sudah stres, perkawinanpun tidak akan terjadi. Mengapa saya bilang seperti ini? Karena dulu saya mengalaminya sendiri, ikan tidak mau kawin karena terganggu. Jadi janganlah sering melihat ikan saat kawin.

Saya cukup sampai disini pembahasan kita mengenai ciri ciri ikan cupang sudah bertelur. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Maju terus cupang Indonesia.