Ciri Ciri Ikan Cupang Betina dan Jantan Siap Kawin

Sebelum mencoba cara mengawinkan ikan cupang yang sebelumnya sudah dibahas oleh Dolimoni. Sebaiknya kita harus paham betul mengenai ciri ciri ikan cupang betina dan jantan yang siap kawin.

Mengapa kita harus mengetahui ciri ciri cupang betina dan jantan siap kawin? Karena jika kita paham dengan baik, ikan cupang akan dengan mudah melakukan proses perkawinan hingga telur menetas.

Tidak perlu banyak kata lagi, berikut adalah ciri ciri ikan cupang jantan dan betina siap kawin agar hasil dari proses perkawinan tersebut lebih maksimal.

Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Pertama kita akan membahas dulu ciri ciri ikan cupang betina siap kawin. Indukan betina yang sudah sangat siap untuk dikawinkan akan memberikan keuntungan lebih besar, misalnya telur yang dihasilkan lebih banyak.

Terdapat 3 faktor yang akan menjadi acuan apakah ikan cupang betina siap kawin atau tidak. Berikut adalah faktor-faktor untuk mengetahui apakah indukan sudah siap kawin.

1. Usia Ikan Cupang Betina

Faktor pertama adalah usian. Usia menjadi faktor utama yang sangat penting untuk keberhasilan dalam budidaya ikan cupang. Usia cupang betina yang belum siap untuk kawin akan mempengaruhi keturunannya nanti, mulai dari kesehatan dan yang lainnya.

Lalu usia berapa ikan cupang siap kawin? Usia yang ideal untuk mengawinkan ikan cupang adalah 4 bulan keatas. Umur yang sudah berada diatas 4 bulan akan lebih mudah dalam proses kawin antara jantan dan betina.

Pertanyaannya adalah bagaimana mengetahui umur ikan cupang? Caranya sangatlah mudah, teman-teman bisa bertanya terlebih dahulu sebelum membeli ikan cupang, mereka sebagai penjual umumnya akan mengetahui, tapi bagaimana jika tidak mengetahui?.

Baca Juga  Berapa Hari Ikan Cupang Jantan Dipisahkan dari Anaknya

Tenang saja, pada umumnya peternak akan mendistribusikan hasil panenan ke penjual ikan cupang ketika ikan berusia 3 bulan. Sehingga, ketika kalian membelinya, silahkan rawat terlebih dahulu hingga 1 bulan.

Setelah 1 bulan lebih sudah dirawat, biasanya ikan cupang sudah bisa untuk dikawinkan. Dengan syarat kedua indukan sudah sama-sama siap.

2. Jumlah Telur Pada Perut Ikan Cupang Betina

Ciri ciri ikan cupang betina dan jantan siap kawin

Selanjutnya ciri ikan cupang betina yang sudah bisa untuk kawinkan dapat dilihat pada perutnya. Sebelum ikan dikawinkan, indukan betina sudah mengendong telur diperutnya, semakin banyak telur semakin siap untuk dipijahkan.

Bagaiamana cara melihat telur ikan cupang sudah banyak atau belum? Caranya sangatlah mudah, perut betina akan semakin besar dan telurnya pun akan terlihat dengan jelas.

Namun bagaimana jika perutnya masih kecil? Maka hal ini menandakan bahwa ikan cupang betina belum siap kawin. Tetapi tenang saja karena dengan makanan ikan cupang yang bagus bisa mempercepat pengisian telur betina.

Perlu diperhatikan, bentuk telur ikan cupang berbeda dengan pakan yang dimakan. Karena biasanya ada betina yang badannya besar karena tingkat pakannya yang besar. Bagaimana cara membedakannya?

Cara membedakannya cukup mudah, bentuk telur biasanya memanjang dari bawah perut sampai ke bagian tengah perut ikan. Dan titik putih yang berada dibawah perut akan lebih menonjol.

Ciri Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin

Hampir sama dengan yang betina, ciri ikan cupang jantan yang benar-benar siap kawin ketika sudah berumur diatas 4 bulan lebih. Jangan sekali-sekali untuk mengawinkan dibawah umur 4 bulan.

Karena ketika ikan cupang berumur dibawah 4 bulan mereka masih muda, sama halnya dengan manusia. Selain umur, pastikan kondisi fisik dan mentalnya sehat, jangan mengawinkan ikan cupang yang sedang kuncup.

Baca Juga  Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh dan Tidak Berjodoh

Nah seperti itulah ciri ciri ikan cupang betina dan jantan siap kawin dalam pandangan Dolimoni. Semoga dengan informasi yang disampaikan bisa memberi pengetahuan lebih ke teman-teman.

Tinggalkan komentar