Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh dan Tidak Berjodoh

Kembali lagi dengan Dolimoni, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai ciri ciri ikan cupang berjodoh dan tidak berjodoh, karena jika sudah tidak berjodoh mereka tidak akan kawin sampai kapan pun.

Cara mengawinkan ikan cupang memang tidak semudah yang terlihat, ada banyak sekali penyebab yang bisa mengakibatkan ikan cupang tidak berjodoh. Oleh sebab itu, sebagai breeder perlu mengetahui ciri ciri ikan cupang berjodoh dan tidak berjodoh.

3 Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh dan Tidak Berjodoh

Disini sudah saya rangkum tentang ciri utama yang bisa dilihat dengan mata secara langsung jika ikan cupang berjodoh ataupun tidak berjodoh. Namun alasan ini masih kemungkinan, karena bisa jadih mereka berjodoh bisa jadi tidak berjodoh.

1. Ikan Cupang Saling Bertengar

Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh dan Tidak Berjodoh

Saat mengawinkan ikan cupang, biasanya mereka melakukan pertengkaran. Pertengkaran yang terjadi pun berbeda-beda. Namun jangan sampai salah menanggapi hal ini, ikan cupang yang bertengkar belum tentu tidak berjodoh.

Pertengkaran Ikan Cupang yang Berjodoh

Karena pertengkaran ikan cupang saat pemijahan sudah wajar terjadi. Oleh sebab itu, saat mengawinkan cupang dilakukan terlebih dahulu tahap penjodohan selama 24 jam dengan memasukan indukan betina ke dalam botol transparan yang kemudian dimasukan ke dalam tempat pejantan agar saling mengenal terlebih dahulu.

Setelah 24 jam mereka melakukan tahap pengenalan, keluarkan indukan betina dari botolnya agar mereka bisa saling bertemu secara langsung tanpa adanya pemisah seperti botol yang transparan tadi.

Baca Juga  Ciri Ciri Ikan Cupang Betina dan Jantan Siap Kawin

Selain itu, ada alasan tersendiri mengapa ikan cupang jantan melakukan aksi kejar-kejaran dengan betina. Alasan pertama adalah pejantan ingin menunjukan bahwa dirinya adalah seorang yang kuat, yang dapat menjaga telur dan anaknya nanti.

Kemudian alasan kedua adalah untuk merayu dan mengajak ikan betina untuk berada dibawah gelembung yang sudah dibuat oleh pejantan sebagai tempat telurnya nati setelah kawin.

Dan ciri ciri ikan cupang berjodoh adalah mereka akan berada dibawah gelembung yang sudah dibuat oleh indukan jantan. Jika seperti ini sudah dipastikan dalam beberapa waktu ke depan telur akan dikeluarkan.

Pertengkaran Ikan Cupang yang Tidak Berjodoh

Namun jika sudah terjadi pertengkaran yang sangat hebat hingga merusak salah satu sirip dari kedua indukan tersebut alangkah baiknya pisahkan saja, ganti salah satu dari mereka, bisa mengganti betinanya maupun pejanntannya.

Akan tetapi dari pengalaman saya, jika menggunakan metode penjodohan dengan botol transparan, pertengkaran yang hebat tidak pernah terjadi. Berikut adalah penyebab ikan cupang bertengkar saat dikawinkan.

  • Size indukan betina lebih besar dari jantan
  • Size indukan betina jauh lebih kecil atau sangat kecil sekali
  • Indukan betina belum full egg atau belum terisi telur perutnya dengan penuh

2. Ikan Cupang Jantan Tidak Membuat Gelembung

Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh dan Tidak Berjodoh

Kemudian ciri ciri ikan cupang berjodoh atau tidak berjodoh dapat dilihat dari apakah ikan jantan membuat gelembung atau tidak. Tetapi hal ini juga memiliki dua kemungkinan, berjodoh dan tidak berjodoh.

Ikan Cupang Jantan Tidak Membuat Gelembung yang Berjodoh

Ciri ciri ikan cupang berjodoh adalah ketika pejantan tidak mengeluarkan gelembung, namun nantinya mereka akan berjodoh. Bagaiamana bisa seperti ini? Bisa, akan tetapi dengan beberapa catatan sebagai berikut.

  • Indukan jantan sehat dan tidak kuncup
  • Indukan betina sudah full telur
Baca Juga  Cara Memijah Ikan Cupang

Jika sudah yakin dengan kedua poin tersebut, bersabarlah. Tunggu sampai 6 hari, saya pastikan mereka akan berjodoh dan berkawin. Tapi jika tidak, silahkan ganti salah satu dari indukan.

Ikan Cupang Jantan Tidak Membuat Gelembung yang Tidak Berjodoh

Kemudian, jantan yang tidak membuat gelembung juga bisa menjadi penanda bahwa ikan cupang tidak berjodoh. Tetapi ada beberapa penyebab yang mengakibatkan jantan tidak membuat gelembung.

  • Indukan jantan kurang sehat namun tidak terlihat
  • Indukan betina masih belum full telur

3. Umur Ikan Cupang yang Tidak Ideal

Ciri ciri ikan cupang berjodoh selanjutnya adalah bisa dilihat dari umur ikan cupang itu sendiri. Umur berapa ikan cupang siap kawin? Ideanya ikan cupang siap kawin ketika berumur 4 bulan keatas.

Jika sudah dipastikan bahwa kedua ikan sudah berumur diatas 4 bulan tenang saja, mereka akan berjodoh. Namun jika sudah 6 harian masih tidak mengeluarkan telur langsung saja ganti indukan dengan yang lebih siap.

Seperti itulah ciri ciri ikan cupang berjodoh dan tidak berjodoh. Dengan mengetahui hal ini, kita menjadi tau kapan seharusnya mengganti indukan jika memang sudah tidak berjodoh dan tidak mebiarkannya selama mugkin karena membuang-buang waktu.

Tinggalkan komentar