Cara Merawat Burayak Ikan Cupang

Sebelumnya kita sudah membahas tentang cara mengawinkan ikan cupang, dan setelah telur menetas teman-teman mungkin sedikit bingung mengenai bagaiamana cara merawat burayak ikan cupang agar cepat besar.

Anakan cupang memang sangat sensitif sekali, jika tidak dilakukan cara merawat burayak ikan cupang yang baru menetas secara benar, maka bisa saja burayak tersebut akan mati. Oleh karena mari kita simak cara yang tepat yang akan disampaikan oleh Dolimoni.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Merawat burayak cupang bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan jika kita sudah mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan agar tetap sehat dan mampu bertahan hidup hingga besar.

1. Umur Berapa Burayak Ikan Cupang Diberi Makan?

Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mengetahui kapan atau umur berapa burayak cupang diberi makan. Pada hari pertama menetas kita tidak perlu memberikan anakan tersebut makan.

Jadi jika teman-teman disini bertanya umur berapa burayak ikan cupang diberi makan adalah ketika burayak ikan cupang berumur 4 hari. Dalam pemilihan pakan pun tidak boleh sembarangan, karena ukuran tubuh burayak sangatlah kecil.

Sehingga diperlukan makanan yang tepat untuk diberikan ke anakan tersebut. Apa saja makanan anak ikan cupang yang bagus? Makanan yang bagus adalah artemia. Menurut saya tidak ada yang bagus selain artemia.

Namun jika burayak sudah berumur 2 minggu ketas, teman-teman bisa mulai memberikan kutu air halus ke anak ikan cupang. Tujuannya adalah agar pertumbuhan ikan semakin lebih cepat.

Pemberian pakan kepada anak ikan cupang bisa diberikan 2x sehari, agar kebutuhan pakan ikan terpenuhi

2. Cara Memindahkan Burayak Ikan Cupang Ke Kolam Pembesaran

Setelah burayak berumur 4 hari, maka sangat direkomendasikan untuk dipindahkan ke tempat pembesaran burayak ikan cupang agar pertumbuhannya semakin maksimal. Tempat yang seperti apa yang dibutuhkan?

Baca Juga  Mengobati Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Teman-teman bisa menggunakan tempat apapun, dengan syarat harus jauh lebih besar dari tempat pemijahan. Disini saya menggunakan Styrofoam Box dengan ukuran panjang 75 cm dan lebar 42 cm.

Selain menggunakan styrofoam box, kalian juga bisa menggunakan kulkas bekas yang bisa didapatkan di tempat rongsokan. Biasanya dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal. Nah itulah tempat pembesaran burayak ikan cupang.

Lalu bagaimana cara memindahkan burayak cupang ke kolam pembesaran tersebut? Caranya sangatlah mudah, silahkan simak tutorial berikut.

  1. Pertama masukan garam ikan secukupnya dan air secukupnya, kemudian masukan beberapa daun ketapang dan biarkan atau endapkan selama 24 jam.
    Cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur
  2. Setelah 24 jam, angkat tempat pemijahan ikan cupang dan masukan ke dalam kolam pembesaran agar suhu air antara kolam pembesaran dan tempat pemijahan sama. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam.
  3. Jika dirasa suhu air sudah sesuai, langsung saja tuangkan air yang berada di tempat pemijahan ke kolam pembesaran seperti yang tertera pada gambar.

Pemindahan ke kolam pembesaran bertujuan agar burayak ikan cupang bisa lebih cepat pertumbuhannya. Karena daerah yang luas bisa memberikan keluasan bagi mereka, dan hal ini berpengaruh ke pertumbuhan ikan cupang.

3. Cara Agar Burayak Ikan Cupang Tidak Cepat Mati

Cara merawat burayak ikan cupang selanjutnya adalah untuk menghindari kejadian dimana anakan ikan cupang ini selalu mati dan tidak bisa bertahan hidup atau bahkan dimakan oleh hewan lainnya.

Nah berikut adalah tips cara agar burayak ikan cupang tidak cepat mati yang bisa kalian lakukan untuk menghindari kerugian. Sangat disayangkan ketika telah memberikan pakan setiap hari namun dalam sekejap mereka mati semua.

  • Hindari penggunaan kutu air yang tidak bersih. Dan biasanya didalam kutu air ada saja yang namanya kutu jet, ini lah predator bagi burayak cupang.
  • Jangan memberikan jentik nyamuk. Seperti yang kita ketahui, ukuran burayak sangatlah kecil, jentik nyamuk juga bisa memakan anak cupang.
  • Pastikan air tetap bersih dan jernih. Air yang kotor akan memperburuk keadaan mereka, hal ini akan membuat mereka mati.
Baca Juga  Ciri Ciri Ikan Cupang Betina Hamil

Kesimpulan Cara Merawat Burayak Ikan Cupang

Supaya lebih mudah dipahami saya akan membuat tabel cara merawat burayak ikan cupang dari waktu ke waktu. Hal ini sangat penting untuk kita ketahui, karena sekali lagi burayak cupang sangatlah sensitif.

Umu 1 – 3 hariTidak perlu diberi makan
Umur 4 hariPindahkan ke kolam pembesara
Umur 4 – 15 hariBeri pakan artemia
Umur 15 – 30 hariBisa diberi pakan kutu air
Umur 2 bulanBisa diberi cacing sutra

Mungkin cukup sampai disini dulu pembahasan kita mengai cara merawat burayak cupang, semoga kalian semua yang mampir ke artikel ini berhasil dan sukses dalam budidaya ikan betta atau cupang ini.

Tinggalkan komentar