Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan ikan yang mudah untuk dikawinkan, bahkan telur yang keluarkan oleh indukan betina bisa sampai 500 atau lebih. Pada kesempatan ini Dolimoni akan memberikan cara mengawinkan ikan cupang.

Biasanya para pemula sering melakukan kesalahan ketika melakukan breeding ikan cupang, yang mengakibatkan kedua indukan tidak berjodoh. Untuk itu mari kita simak cara mengawinkan ikan cupang agar berhasil.

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Berhasil

Ada beberapa cara yang bisa teman-teman coba untuk mengawinkan cupang, disini saya akan membahas cara yang biasa saya gunakan. Namun sebelum itu ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh kalian semua.

Pertama kedua indukan baik jantan maupun betina harus berumur minila 4 bulan, jika dibawah 4 bulan sebaiknya jangan dikawinkan dulu. Karena biasanya ikan cupang dibawah 4 bulan masih belum siap untuk kawin.

Kedua pastikan ikan betina sudah berisi telur perutnya, perut yang besar menandakan betina sudah full telur dan siap dikawinkan. Hal ini penting, karena jika betina belum berisi telur yang banyak, maka hasilnyapun akan sedikit.

Nah kedua hal tersebut menjadi cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur. Biasanya masih banyak orang yang melakukan breeding dengan ikan yang belum siap kawin, seperti umur dibawah 4 bulan dan telur yang masih sedikit.

Proses Cara Mengawinkan Ikan Cupang

1. Hari Ke-1 Tahap Penjodohan Ikan Cupang

Cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur

Cara mengawinkan ikan cupang giant, plakat, ataupun jenis lainnya sama saja. Pertama masukan kedua indukan ke dalam ember pemijahan (bisa menggunakan tempat apapun yang tidak terlalu besar) yang sudah diisi air.

Perlu diperhatikan, air berada di tempat pemijahan haruslah diendapkan terlebih dahulu. Jadi sebelum mengawinkan, silahkan isi air tempat pemijahan kemudian biarkan selama 24 jam.

Setelah 24 jam barulah air bisa digunakan oleh kedua indukan untuk melakukan proses perkawinan. Selama proses ini jangan keseringan untuk melihat ikan, karena dikhawatirkan mereka stress.

2. Hari Ke-2 Tahap Mengawinkan Ikan Cupang

Cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur

Setelah hari kedua, biasanya indukan jantan sudah membuat gelembung-gelembung dengan jumlah yang cukup banyak yang nantinya akan menjadi tempat telur, setelah indukan betina mengeluarkannya.

Jika dihari kedua si jantan belum membuat gelembung biarkan saja, tunggu sampai beberapa hari kedepan. Jika sudah seminggu masih belum ada gelembung silahkan ganti indukan jantannya.

3. Hari Ke-3 Ikan Cupang Betina Mengeluarkan Telur

Dihari ketiga ini, menurut pengalaman saya pribadi, indukan betina telah mengeluarkanT telur ikan cupang. Teman-teman bisa melihat apakah sudah ada telur dibagian gelembung dengan ciri berwarna putih susu.

Ciri lain untuk mengetahui sudah bertelur atau tidak adalah dengan melihat posisi indukan betina, biasanya setelah bertelur indukan betina berada dipojokan dan perutnya sudah mengecil.

Jika sudah seperti ini langsung saja pisahkan indukan betina dari telurnya, dan biarkan indukan jantan menjaga telur hingga burayak mampu untuk berenang sendiri.

4. Hari ke-4 Telur Ikan Cupang Menetas

Setelah 24 jam, biasanya telur akan menetas. Pertama menetas, burayak ikan cupang tidak akan mampu berenang. disinilah peran indukan betina untuk menjaga burayak cupang.

Baca Juga  Indukan Cupang Jantan Diambil dari Tempat Pemijahan Pada Saat?

Selama 3 hari setelah telur menetas, anakan cupang tidak membutuhkan pakan atau makanan apapun. Namun jika sudah berumur 4 hari sangat diwajibkan untuk memberikannya makan.

Ciri ciri telur ikan cupang menetas adalah ada bintik hitam di dalam gelembung. Ada banyak makanan burayak ikan cupang yang bisa tema-teman gunakan. Silahkan mampir ke pembahasan sebelumnya karena sudah saya bahas secara lengkap.

5. Hari Ke-7 Mengawinkan Ikan Cupang

Cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur

Di hari ketujuh cara mengawinkan ikan cupang, burayak sudah bisa berenang sendiri karena umurnya sudah 4 hari. Saat ini burayak tidak membutuhkan indukan jantan, jadi pisahkan indukan jantan dari anaknya.

Mengapa harus dipisahkan? Karena dikhawatirka indukan jantan akan memakan burayak jika dia kelaparan atau mengalami stress.

Dihari ketujuh pula, teman-teman bisa memindahkan anakan cupang ke kolam pembesaran dengan ukuran yang jauh lebih besar dari tempat pemijahan. Tujuannya agar perkembangan ikan menjadi bagus.

Ini adalah salah satu cara saya dalam cara mengawinkan ikan cupang, untuk informasi tambahan tentang budidaya ikan cupang kalian bisa belajar lebih dalam jika sudah melakukannya.

Mungkin cukup sampai disini pembahsan kita mengenaI cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur berbagai jenis ikan mulai dari giant, plakat seperti multy colour, blue rim, nemo, koi, bahkan halfmoon.

Tinggalkan komentar