Cara Mengatasi Ikan Cupang Lesu

Ikan terlihat lemas? Selalu bersembunyi dibawah daun? Atau selalu diam di dasar air? Dengan mengikuti beberapa cara mengatasi ikan cupang lesu yang kami bahas dibawah, dalam beberapa hari ikan cupang akan kembali normal.

Ikan cupang lesu menjadi ciri bahwa perawatan yang kita berikan ada yang salah atau kurang maksimal, sehingga membuatnya si ikan cupang menjadi kurang sehat. Badan kurang sehat inilah yang menyebabkan ikan cupang menjadi lesu.

Cara Mengatasi Ikan Cupang Lesu Paling Jitu

Cara Mengatasi Ikan Cupang Lesu

Dibutuhkan beberapa langkah untuk mengatasi ikan cupang lesu. Ciri ciri ikan yang lesu adalah ekor cupang kuncup, selalu berada di dasar air dan biasanya berenang agak miring.

Silahkan ikuti langkah atau cara mengatasi ikan cupang lesu berikut supaya ikan bisa kembali lagi menjadi normal dengan cepat dan cara ini sering kami gunakan.

Total Time: 3 hari

1. Siapkan Wadah Baru

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan menyiapkan wadah atau tempat yang baru. Gunakanlah tempat yang memiliki ukuran cukup besar, bisa menggunakan yang berbahan plastik seperti toples ataupun kaca.

Tempat yang besar memberikan manfaat bagi ikan cupang untuk bergerak dengan leluasa dan lebih mudah untuk mengambil oksigen. Selain itu, juga mempercepat pertumbuhan ikan cupang itu sendiri.

2. Gunakan Daun Ketapang dan Garam Ikan

Air menjadi kunci utama bagi kesehatan ikan cupang. Air yang keruh dan kotor terlebih pH yang terlalu tinggi atau rendah akan berdampak buruk bagi ikan cupang, karena pH normal untuk hidup ikan cupang adalah 6,2-7.

Baca Juga  Berapa Hari Ikan Cupang Jantan Dipisahkan dari Anaknya

Karena itu daun ketapang dan garam ikan menjadi pemecah masalah ini. Karena dengan menggunakan daun ketapang dan garam ikan akan menstabilkan pH air, sehingga air tetap menjadi bagus.

Gunakanlah daun ketapang dan garam ikan secukupnya, jangan berlebihan. Jika tidak ada ketapang, bisa menggunakan pengganti daun ketapang untuk ikan cupang seperti daun secang.

3. Cucilah Wadah dengan Rutin

Cara mengatasi ikan cupang lesu selanjutnya adalah dengan mencuci wadah ikan tersebut secara rutin. Walaupun air sudah diberikan ketapang dan garam ikan tetap saja harus dilakukan pencucian.

Karena setiap harinya ikan akan mengeluarkan kotoran, hal ini menjadi salah satu pemicu penyakit jika tidak segera dibersihkan. Cucilah wadah dan ganti air setiap 4 hari sekali atau maksimal 1 minggu 1 kali.

4. Pola Makan

Pola makan untuk ikan cupang lesu akan berbeda dengan cupang yang sedang sehat. Ikan yang sedang lesu tidak memiliki nafsu makan, bahkan bisa saja dia tidak makan, sehingga harus menggunakan pola makan yang benar.

Setelah ditempatkan diwadah baru, jangan berikan pakan langsung. Berilah pakan kesokan harinya, dan untuk takarannya jangan terlalu banyak, gunakan takaran pemberian pakan setengah dari biasanya.

Untuk hari berikutnya jangan berikan pakan pada ikan cupang, dan untuk hari berikutnya lagi barulah diberi pakan kembali. Jadi disini menggunakan pola pakan selang-seling, 1 hari makan, 1 hari tidak, makan kembali, tidak makan kembali dan seterusnya.

Jika nafsu makan ikan cupang sudah kembali dengan normal, berilah pakan sesuai dengan takarannya agar tidak sakit. Dan untuk pemberian pakan harus sedikit-sedikit, tunggu dia memakannya kemudian berikan lagi.

5. Jemur Ikan Dipagi Hari

Langkah kelima dalam cara mengatasi ikan cupang lesu ialah dengan melakukan penjemuran dibawah sinar matahari pada pagi hari. Sinar matahari akan memberikan vitamin alami untuk ikan cupang.

Baca Juga  Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Cara penjemuranpun cukup mudah, taruh wadah ikan cupang di bawah sinar matahari, kemudian diamkan sekitar 3 sampai 5 menit saja. Namun perlu diawasi, jika suhu air meningkat drastis langsung saja simpan ke tempat yang teduh.

Penjemuran ikan cupang ini biasanya dilakukan selama 1 minggu sekali, tidak perlu terlalu sering. Penjemuran juga dipercayai mampu menghilangkan jamur yang ada dikulit ikan.

6. Jauhkan Dari Ikan Cupang Lainnya

Langkah terakhir cara mengatasi ikan cupang lesu biasanya dengan menjauhkan dari ikan cupang lainnya. Ikan yang lesu tidak mampu untuk menjaga dirinya sendiri, sehingga dikhawatirkan terjadi stress.

Untuk itu pindahkan wadah ikan cupang yang memiliki penyakit lesu kemudian tempatkan ditempat yang sekiranya sepi dan akan membuat nyaman si ikan cupang itu sendiri.

Ini adalah berdasarkan pengalaman yang biasa kami lakukan untuk mengatasi ikan cupang lesu. Selain tidak tega melihat ikan yang lesu, keindahannya pun akan berkurang, dari segi ekor yang kuncup dan warna yang pucat.

Jadi cara mengatasi ikan cupang lesu adalah dimulai dengan mengganti wadah termasuk air, memasukan daun ketapang dan garam ikam, atur pola makan baru, jemur pada pagi hari dan jauhkan dari ikan lainnya.

Tinggalkan komentar