Cara Mengatasi Ikan Cupang Kuncup

Pada kesempatan ini Dolimoni akan membahas mengenai cara mengatasi ikan cupang kuncup. Cupang merupakan ikan yang bisa dinikmati keindahannya, dari segi warna dan ekornya yang membuka lebar.

Lalu bagaimana jika ekor ikan cupang kuncup? Tentu saja akan mengurangi nilai keindahan yang dimiliki oleh ikan tersebut. Sebagus apapun warna cupang yang kalian miliki, jika ekornya kuncup tetap akan terlihat jelek.

Namun tenang saja, dengan mengikuti cara mengatasi ikan cupang kuncup yang biasa kami lakukan, dijamin ikan cupang teman-teman kembali normal, Langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

Cara Mengatasi Ikan Cupang Kuncup dengan Mudah

Cara Mengatasi Ikan Cupang Kuncup

Agar ikan kembali normal atau tidak kuncup, dibutuhkan perawatan yang berbeda dari ikan lainnya. Berikut adalah cara mengobati ikan cupang kuncup versi Dolimoni, cara ini merupakan cara yang biasa kami gunakan.

  1. Siapkan wadah baru dan masukan air
  2. Masukan daun ketapang dan garam ikan secukupnya
  3. Diamkan air selama 24 jam, proses ini merupakan proses pengendapan air
  4. Masukan ikan cupang yang kuncup ke wadah tersebut
  5. Jemur ikan cupang pada pagi hari sekitar 3-5 menit
  6. Kemudian sandingkan dengan ikan lainnya agar mau mengedok
  7. Berikan pakan setiap sore (1x sehari) dengan jumlah yang sedikit

Silahkan lakukan cara tersebut setiap hari, dan pada hari ketiga air harus sudah diganti dengan air baru yang sudah diberi ketapang dan garam ikan. Dalam beberapa hari ke depan saya jamin sudah kembali normal.

Penyebab Ekor Ikan Cupang Kuncup

Selain mengetahui cara mengatasi ikan cupang kuncup, mengetahui penyebabnya pun menjadi suatu hal yang penting. Pasalnya, jika sudah mengetahui penyebab, kita dapat mencegah terjadinya penyakit seperti ini.

Baca Juga  Berapa Lama Telur Ikan Cupang Menetas?

1. Kondisi Air yang Buruk

Penyebab pertama ekor ikan cupang kuncup adalah kondisi air yang buruk, karena mungkin tidak pernah diganti sama sekali. Penggantian air untuk ikan idealnya adalah 3 hari 1 kali, dan maksimal 1 minggu 1 kali.

Dan tingkat asam atau basa air itu sendiri seharusnya sekitar 6 pH. Untuk menyeimbangkan pH air sangat direkomedasikan untuk menggunakan daun ketapang dan garam ikan.

2. Pakan yang Tidak Higienis

Pemilihan pakan juga sangat mempengaruhi kondisi tubuh ikan cupang. Saluran pencernaan yang sakit akibat dari pakan yang tidak higienis dapat menyebabkan ikan cupang kuncup, bahkan kematian.

Kebanyakan pakan yang tidak higienis berasal dari pakan hidup yang diambil secara langsung dari alam tanpa adanya proses pembersihan. Pakan alam memang bagus, namun jika tidak higienis akan menjadi tidak baik.

3. Cuaca Ekstrim

Selain dua penyebab diatas, cuaca yang ekstrimpun dapat menyebabkan ekor ikan cupang kuncup. Ketika cuaca sangat panas atau dingin akan mempengaruhi suhu air, karena itu ekor mereka menjadi kuncup.

Cara Mencegah Ikan Cupang Kuncup

Cara Mengatasi Ikan Cupang Kuncup

Setelah mengetahui penyebabnya, silahkan ikuti langkah atau cara mencegah ekor ikan cupang kuncup agar keindahan yang dimiliki oleh ikan cupang tetap terjaga dan selalu enak untuk dipandang.

  • Selalu mengganti air setiap 3 hari 1 kali
  • Selalu menggunakan daun ketapang dan garam ikan
  • Pastikan menjemur ikan pada pagi hari setiap 1 minggu 1 kali
  • Menjaga pola pakan dan selalu memberi pakan yang higienis
  • Sesekali menyandingkan ikan lainnya agar ikan mengedok

Nah itu adalah pencegahannya, kami rasa cukup sampai disini pembahasan mengenai cara mengatasi ikan cupang kuncup ala Dolimoni. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan ikan teman-teman kembali sehat.

Baca Juga  Cara Merawat Burayak Ikan Cupang