Cara Memijah Ikan Cupang

Cara Memijah Ikan Cupang – Ikan cupang menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang yang banyak digandrungi oleh orang-orang. Karena banyaknya peminat serta permintaan pasar yang sangat tinggi, tak sedikit pula orang yang membudidayakan ikan cupang ini. Tak tanggung-tanggung omset yang bisa didapatkan dari ternak ikan cupang ini bisa mencapai puluhan juta.

Ikan cupang juga termasuk jenis ikan hias yang punya daya tahan sangat tinggi sehingga sangat mudah untuk di pelihara. Daya tarik dari ikan cupang terletak pada warna dan corak pada tubuhnya yang beraneka ragam dan sangat cantik, ditambah lagi dengan keindahan siripnya ketika ia sedang berenang. Hal itu jugalah yang membuat orang lebih suka membudidayakan ikan cupang.

Nah, jika kamu juga tertarik untuk membudidayakan ikan cupang ini maka salah satu hal yang wajib untuk kamu ketahui adalah bagaimana cara memijah ikan cupang yang benar. Proses ini memang sangat krusial karena akan berpengaruh terhadap hasil dari budidaya kamu. Untuk itulah pemijahan harus dilakukan dengan baik dan benar.

Baca juga: Makanan Ikan Cupang untuk Warna

Manfaat Ternak Ikan Cupang

Cara memijah ikan cupang yang benar untuk pemula

Budidaya atau ternak ikan cupang sendiri menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat menguntungkan dan memiliki prospek tinggi untuk kedepannya. Apalagi kamu juga tak membutuhkan anggaran yang besar serta tempat yang luas untuk membudidayakan ikan cupang di rumah. Kamu juga tak perlu bingung, karena sudah ada banyak panduan yang membahas bagaimana cara ternak ikan cupang untuk pemula.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Cupang

Selain bisa mendatangkan keuntungan yang besar, manfaat lain dari budidaya ikan cupang adalah untuk menghias rumah agar terlihat semakin indah dan natural. Memelihara ikan hias di rumah juga dipercaya dapat menurunkan stres serta bisa menjaga mood agar tetap baik. Nah, jadi tak ada alasan lagi untuk tidak membudidayakan ikan cupang di rumah kamu.

Baca Juga  Rumus Warna Ikan Cupang

Cara Memijah Ikan Cupang Yang Benar

Agar budidaya ikan cupang kamu bisa berhasil dan sukses menghasilkan ikan cupang yang berkualitas. maka proses pemijahan ini perlu dilakukan dengan benar. Berikut ini kami bagikan bagaimana cara memijah ikan cupang untuk pemula.

1. Siapkan Wadah untuk Ikan Cupang

Sebelum masuk ke tahap memijah atau mengawinkan ikan cupang hal pertama yang harus dipersiapkan adalah wadahnya. Mempersiapkan wadah yang yang sesuai dengan habitat alaminya akan membuat ikan cupang merasa nyaman ketika sedang melakukan pemijahan.

Wadah terbaik untuk memijah ikan cupang adalah akuarium. Siapkan akuarium yang bisa menampung volume air sampai 18 liter. Persiapkan juga alat-alat pendukung seperti filter, heater, kerikil, plastic wrap dan christmas moss untuk di letakkan di dalam akuarium. Peralatan tersebut akan menjadi pendukung untuk mempermudah proses pemijahan.

Namun jika hanya ingin menggunakan wadah seperti ember atau baskom tidak masalah. Kamu bisa menggunakan wadah tersebut tanpa perlu alat pendukung lainnya. Namun untuk christmas moss atau daun ketapang perlu dipersiapkan.

2. Pemilihan Indukan Ikan Cupang

Tahap berikutnya untuk cara memijah ikan cupang adalah memilik indukan ikan cupang. Proses ini sangat amat penting karena akan mempengaruhi kualitas telur-telur yang dihasilkan oleh indukan betina. Nah, untuk itulah pilihlah indukan yang berkualitas dan juga sehat.

Baca juga: Cara Ternak Ikan Cupang

Adapun ciri-ciri indukan ikan cupang yang berkualitas bisa terlihat dari warna tubuhnya yang tampak cerah serta lincah ketika berenang di air. Selain itu, pastikan indukan ikan cupang tidak memiliki cacat pada bagian tubuhnya, terutama di bagian siripnya.

3.Memulai Proses Pemijahan

Salah satu tanda yang bisa kamu lihat jika indukan pejantan siap untuk memijah adalah ia akan membuat sarang gelembung di dalam wadah. Semakin banyak gelembung yang dibuat sang pejantan itu berarti ia sudah sangat siap, di saat inilah kamu bisa memasukkan sang betina di dalam satu wadah.

Sebaiknya kamu memasukkan sang betina dalam satu wadah di pagi hari. Maka dua hari setelah proses pengenalan dan pemijahan tersebut kamu akan melihat telur ikan cupang berada di sarang gelembung yang telah dibuat oleh sang pejantan. Dalam satu kali pemijahan, ikan cupang bisa menghasilkan telur hingga 1000 butir telur.

Baca Juga  Mengobati Sisik Nanas Pada Ikan Cupang

Biasanya telur ikan cupang akan menetas dalam waktu 24 jam setelah dilakukan pembuahan. Sang pejantan juga bisa dikawinkan kembali sebanyak 8 kali dalam interval waktu 3 minggu. Sementara untuk sang betina sebaiknya hanya dikawinkan sebanyak satu kali saja.

4. Pemeliharaan Telur Ikan Cupang

Di tahap inilah perang sang jantan akan mulai terlihat. Karena ia akan disibukkan untuk memelihara setiap telur yang ada di dalam sarang gelembung. Jika telur ikan cupang belum menetas, maka sebaiknya kamu harus memindahkan sang betina dari wadah.

Barulah ketisa sudah menetas dan anakan ikan cupang bisa berenang sendiri kamu bisa memindahkan indukan pejantan dari wadahnya. Selain itu kamu juga bisa memberikan pakan ke anakan ikan cupang berupa jentik nyamuk, microworms atau artemia. Barulah ketika sudah cukup besar kamu bisa memberikannya pakan berupa cacing darah dan lalat buah.

5. Pemeliharaan Burayak Ikan Cupang

Setelah menetas, burayak ikan cupang akan membawa kuning telur yang akan menjadi sumber makanannya. Kuning telur tersebut akan bertahan sekitar tiga hari. Dalam fase ini sebaiknya kamu tidak usah memberikan pakan tambahan. Karena anakan ikan cupang tidak akan memakannya dan hanya akan mengotori wadah ikan cupang.

Baca juga: Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Agar Ganas

Kamu baru bisa memberikan makanan kepada ikan cupang yang sudah berumur sekitar 2 bulan. Di usia ini jugalah kamu harus memisahkan antara ikan satu dengan ikan lainnya. Hal itu karena ikan cupang punya sifat territorial sehingga sangat berbahaya jika digabung menjadi satu wadah.

Kesimpulan

Cara memijah ikan cupang yang benar untuk pemula

Demikianlah tahapan dan proses bagaimana cara memijah ikan cupang yang benar untuk pemula yang berniat untuk membudidayakan ikan cupang. Dengan mengetahui tahapan serta langkah-langkah yang benar, maka budidaya ikan cupang kamu bisa berjalan dengan lancar dan sukses.