Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Agar Ganas dan Agresif

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan – Selain bisa menjadi ikan hias, cupang juga kerap menjadi ikan aduan. Berbeda dengan ikan cupang hias yang lebih memetingkan masalah keindahan warna dan bentuk sirip. Ikan cupang aduan justru lebih mengutamakan keganasan untuk bisa mengalahkan setiap lawan dengan mudah dan cepat. Ikan cupang aduan juga harus punya mental kuat dan karakter yang agresif.

Semua pemilik ikan cupang aduan pasti sangat menginginkan jika ikan cupang miliknya memiliki karakter yang agresif dan ganas agar bisa mendapatkan julukan jawara ikan cupang. Lalu apakah mungkin ikan cupang kita bisa sebringas itu? Tentu saja sangat mungkin jika kita bisa melatihnya dengan baik dan benar. Nah, untuk membantu membuat ikan cupang kamu jadi lebih agresif, maka di artikel kali ini kami telah memiliki sebuah cara melatih ikan cupang aduan agar lebih ganas dan agresif.

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan dengan Benar

Sebelum masuk ke pokok pembahasan mengenai cara melatik ikan cupang biar galak, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Dari segi performa, ikan cupang memang menang banyak namun hal itu juga dipengaruhi oleh genetiknya. Maka dari itu untuk menyulapnya menjadi ikan cupang aduan kelas jawara, masalah genetika jadi faktor yang harus kamu perhatikan.

Baca juga: Cara Ternak Ikan Cupang

cara melatih ikan cupang aduan agar ganas dan agresif

Sebelum mulai melatih ikan cupang agar menjadi ikan aduan yang ganas, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. Mulai dari memastikan jika ikan cupang yang kamu gunakan merupakan jenis ikan cupang aduan dan bukan hias. Pastikan juga ikan dalam kondisi sehat dengan melihat sirip dan warnanya yang tampak sempurna tanpa ada kecacatan. Banyaknya buih yang muncul di permukaan juga jadi tanda jika itu adalah ikan petarung yang tangguh.

Selain itu agar ikan cupang kamu memiliki performa yang baik, pemberian pakan yang tepat juga sangat dibutuhkan. Idealnya kamu memberikan pakan sebanyak 7-8 jentik nyamuk dalam sehari. Agar lebih sehat, berikan juga varian pakan lain seperti cacing darah, lalat buah, kuning telur serta salmon namun dalam porsi yang wajar. Jangan terlalu berlebihan memberi makan ikan karena bisa berakibat pada kenaikan berat badan dan malah membuatnya menjadi lambat.

Baca Juga  Ciri Ciri Ikan Cupang Berjodoh dan Tidak Berjodoh

Satu hal lagi hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melatih ikan cupang, pastikan jika ia telah mengenal pemiliknya. Karena jika ikan cupang sudah sangat mengenal pemiliknya maka akan mempermudah proses pelatihan nantinya. Akhirnya masuk juga kedalam pokok pembahasan yaitu cara melatih ikan cupang agar menang dan menjadi jawara.

1. Latihan dengan Mengikuti Jari

Latihan diawali dengan mengetuk akuarium untuk menarik perhatian ikan cupang. Setelah ikan mulai tertarik, coba gerakkan jari kamu ke kanan dan ke kiri serta ke atas dan ke bawah. Lakukan dengan kecepatan yang terus bertambah di setiap sesinya. Lakukan latihan ini minimal 6-10 menit dalam sehari. Berikan ia reword beropa makanan jika latihannya berhasil.

2. Berlatih dengan Melawan Arus

Sebelum melakukan latihan ini ada baiknya kamu mencuci tangan menggunakan air hangat. Setelah itu sediakan mangkuk atau wadah yang cukup lebar dan dalam dan isi dengan air bersih. Kemudian letakkan ikan cupang ke dalam wadah tersebut. Biarkan selama beberapa menit sampai ikan cupang beradaptasi dengan lingkugan barunya.

Setelah ikan cupang mulai tenang, coba putar air secara perlahan sampai ikan cupang berusaha untuk melawan arus. Latihan ini bertujuan agar si cupang memiliki tubuh yang kuat dan bertenaga. Lakukan latihan ini selama lima menit sampai si cupang terlihat kelelahan.

3. Melatih Pernafasan Ikan Cupang

Cara melatih ikan cupang aduan yang berikutnya adalah dibagian pernafasan. Adapun cara melatih pernafasan ikan cupang aduan bisa kamu lakukan dengan dua cara, yaitu dengan membiarkan ikan cupang kekurangan air. Sediakan wadah lalu isi dengan air bersih dengan volume sedikit. Biarkan ikan cupang berada di dalam wadah selama satu menit dan kembalikan lagi ia ke akuarium.

Baca Juga  Rumus Warna Ikan Cupang

Cara kedua kamu harus menyediakan wadah yang cukup tinggi dan isi dengan air bervolume cukup tinggi. Masukkan ikan cupang ke wadah dan biarkan ia berenang ke dalam. Kemudian pancing ia dengan makanan agar mau kembali ke permukaan untuk bernafas. Selain melatih pernafasan, latihan ini juga sekaligus akan memberkuat ketahanan tubuh ikan cupang kamu. Segera berhenti ketika ikan cupang mulai terlihat kelelahan.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Cupang

4. Melatih Sirip Ikan Cupang

Sirip pada ikan cupang selain berguna untuk mempercantik dirinya, juga berguna sebagai senjata sekaligus untuk menakut-nakuti lawannya. Maka dari itu melatih sirip ikan cupang sangat amat penting. Metode pelatihan agar ikan cupang selalu membuka sirip ketika berhadapan dengan lawannya pun sangat mudah. Cukup dengan menggunakan media cermin dan pulpen.

Letakkan cermin di depan akuarium, kemudian tempelkan juga pulpen disamping cermin dan lihat apakah ikan cupang membuka siripnya ketika menghadap cermin. Lakukan latihan ini secara rutin. Meskipun ikan cupang tak memberikan reaksi apapun, namun kamu jangan pernah menyerah untuk terus melatihnya.

5. Berlatih Mengejar

Agar ikan cupang semakin tangguh latihan mengejar juga sangat diperlukan. Untuk melakukannya kamu membutuhkan akuarium dengan ukuran cukup besar yang setidaknya bisa menampung air sampai dengan volume 25 liter. Masukkan 3-4 ekor cupang betina ke dalam wadan lengkap dengan christmas moss sebagai tempat bersembunyi cukang betina.

Dalam pertemuan pertama, cupang jantan biasanya tidak terlalu aktif dalam mengejar betina. Namun di hari kedua biasanya cupang jantan sudah mulai aktif melakukan pengejaran. Lakukan latihan ini selama 30 menit dalam sehari. Pantau terus ikan cupang agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Latihan ini berguna untuk menumbuhkan percaya diri dan keberanian dari ikan cupang aduan milikmu.

Kesimpulan

cara melatih ikan cupang aduan agar ganas dan agresif

Menjadikan ikan cupang sebagai ikan aduan yang ganas dan agresif bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Dengan mengikuti cara melatih ikan cupang aduan agar ganas di atas kamu bisa mendapatkan cupang aduan yang tangguh dan punya mental yang kuat.