Cara Budidaya Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk merupakan pakan alami bagi ikan hias, salah satunya adalah ikan cupang. Dimusim hujan seperti saat ini, mencari (en)cuk atau jentik nyamuk sangatlah sulit, oleh sebab itu mari kita coba cara budidaya jentik nyamuk.

Jentik nyamuk menjadi salah satu makanan ikan cupang yang bagus karena memiliki protein yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan ikan. Selan itu, budidaya jentik nyamuk juga bisa menghasilkan uang dengan cara menjualnya ke penghobi ikan hias.

Cara Budidaya Jentik Nyamuk dengan Cepat

Sebenarnya untuk melakukan budidaya jentik nyamuk sangatlah mudah, bahkan orang yang belum melakukannya sekalipun akan dengan mudah mempraktekannya. Karena saya pribadi mengalaminya sendiri.

Sebelum masuk ke proses budidayanya, teman-teman harus paham mengenai jenis jentik nyamuk yang akan di budidaya. Biasanya untuk pakan ikan menggunakan nyamuk dengan culex (nyamuk umum disekitar kita) dan nyamuk anopheles.

Tidak perlu berlama-lama lagi langsung saja kita masuk ke cara cepat budidaya jentik nyamuk sendiri yang dapat dilakukan di rumah dengan alat dan bahan yang bisa didapatkan dengan mudah.

1. Pembibitan Jentik Nyamuk Untuk Makanan Ikan Hias

Cara budidaya jentik nyamuk dengan cepat

Langkah awal untuk budidaya adalah dengan pembibitan, proses pembibitan ini artinya teman-teman harus memiliki telur dari nyamuk yang telah dewasa. Bagaimana cara mendapatkan telurnya? Berikut langkahnya.

  • Siapkan wadah seperti ember atau lainnya berdiamer 30 cm
  • Masukan air bekas cucian beras ke dalam wadah tersebut sebagai media telur nantinya
  • Simpan wadah yang sudah dimasukan air ke tempat yang disukai nyamuk, misalnya tempat yang lembab
  • Dalam jangka 3-5 hari telur nyamuk akan mengambang diatas permukaan air. Jika masih belum ada telurnya, bisa mengganti air bekas cucian beras tersebut
  • Ambil telur-telur yang sudah mengumpul menggunakan serokan dan kemudian pindahkan ke wadah lain untuk di budidayakan
Baca Juga  Budidaya Ikan Cupang

2. Proses Budidaya Jentik Nyamuk

Setelah tahap pembibitan, kita masuk ke proses budidayanya. Proses ini tidak memerlukan waktu yang lama. Berikut ini adalah cara budidaya jentik nyamuk untuk pakan ikan cupang atau ikan hias lainnya.

  • Jika telur sudah dipindahkan ke wadah pemeliharaan silahkan tutup wadah tersebut menggunakan kelambu. Jangan lupa untuk tetap menggunakan air bekas cucian beras
  • Penggunaan kelambu dilakukan agar nyamuk dewasa bisa bertelur kembali ditempat yang sama
  • Selesai, jentik nyamuk akan semakin bertambah setiap harinya

Untuk wadah pemeliharaan, disarankan untuk tidak menggunakan wadah yang berbahan dasar logam. Silahkan gunakan wadah yang menggunakan bahan selain logam.

3. Pemberian Jentik Nyamuk untuk Pakan Ikan

Setelah berhasil panen, teman-teman bisa memberikan jentik nyamuk ke ikan hias. Jentik nyamuk juga menjadi salah satu makanan burayak ikan cupang yang sudah berumur 1,5 bulan keatas.

Burayak yang masih dibawah umur 1,5 bulan dianjurkan untuk memberikan kutir atau artemia saja. Karena bukaan mulut mereka belum mampu untuk melahap jentik nyamuk, bahkan jentik nyamuk juga bisa memakan burayak.

Manfaat Jentik Nyamuk untuk Ikan Cupang

Jentik nyamuk memiliki manfaat yang cukup besar sekali untuk ikan cupang. Alasannya sederhana, karena jentik nyamuk merupakan pakan alami bagi ikan cupang ataupun ikas hias lainnya seperti guppy.

Pertanyaannya adalah, apa saja manfaat jentik nyamuk untuk ikan cupang? Oke berikut ini adalah beberapa manfaat jentik atau (en)cuk bagi kelangsungan hidup ikan cupang.

  1. Mengandung protein yang tinggi sehingga mampu dengan cepat membesarkan tubuh ikan
  2. Mempercepat pengisian telur ikan cupang betina hingga full telur
  3. Pakan alami yang mudah didapatkan

Mungkin cukup sampai disini pembahasan kita mengenai cara budidaya jentik nyamuk dengan cepat. Semoga dengan pembahasan kali ini bisa mengurangi biaya pengeluaran kalian dalam memenuhi kebutuhan ikan.

Baca Juga  Budidaya Ikan Cupang

Tinggalkan komentar