Berapa Lama Telur Ikan Cupang Menetas?

Sebelumnya Dolimoni sudah membahas perihal cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur. Mungkin kalian bertanya-bertanya butuh waktu atau berapa lama telur ikan cupang menetas?.

Biasanya ketika budidaya ikan cupang, kita pasti bingung, bertanya-tanya dan penasaran kapan sih telurnya menetas. Teman-teman tidak usah khawatir karena pada kesempatan ini akan dibahas secara detail.

Berapa Lama Telur Ikan Cupang Menetas? Berikut Ulasannya

Berapa Lama Telur Ikan Cupang Menetas 2

Setelah berhasil mengawinkan ikan cupang, selang beberapa hari indukan betina akan mengeluarkan telurnya. Telur akan dimasukkan ke dalam gelembung yang telah dibuat oleh indukan jantan

Sebenarnya telur ikan cupang untuk menetas tidak membutuhkan waktu yang lama. Supaya lebih mudah dipahami berikut adalah pemaparan secara lengkap tentang telur ikan cupang. Jadi kapan telur ikan cupang menetas?

Berapa lama telur ikan cupang menetas? Jadi telur ikan cupang menetas pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 hari. Namun dalam beberapa kasus ada juga yang sampai 3 hari.

Selama menunggu telur ikan cupang menetas, alangkah baiknya kita membuat persiapan seperti menyiapkan wada pembesaran dengan air yang telah diendapkan dengan campuran garam ikan dan daun ketapang.

Setelah menetas, anak ikan tidak membutuhkan pakan untuk beberapa hari ke depan. Namun setelah berumur 4 hari, mereka sudah wajib diberi makan, bisa menggunakan artemia ataupun infusoria.

Jenis Berkembang Biak Ikan Cupang

Sebagai informasi tambahan untuk teman-teman, ada dua jenis atau cara berkembang biak ikan cupang. Yang pertama adalah bubble nest breeding betta fish atau mengerami telur yang disimpan di dalam gelembung.

Baca Juga  Ciri Ciri Ikan Cupang Betina dan Jantan Siap Kawin

Kemudian untuk yang kedua adalah mouth brooder breeding betta fish ketika telur ikan tidak dimasukkan ke gelembung melainkan dierami di dalam mulut indukan ikan cupang itu sendiri.

Pengalaman pribadi ketika pertama mengawinkan ikan cupang saya sedikit bingung, mengapa terlunya tidak menetas padahal sudah lebih dari 3 hari. Ternyata hal ini disebabkan oleh indukan yang tidak memberikan oksigen ke gelembung tersebut.

Selain itu ada pula kasus telur ikan cupang yang jatuh ke bawah, yang mana hal ini merupakan penyebab gagalnya telur menetas. Bahkan ada pula yang telurnya dimakan oleh indukan.

Apa Penyebab Gagalnya Telur Ikan Cupang Menetas Tersebut?

Dari yang sudah saya jelaskan diatas, penyebab utamanya adalah indukan yang kurang berpengalaman dan usia ikan yang masih dibawah seharusnya. Ikan yang bisa dipijahkan ada mereka yang telah berusui 4 bulan ke atas.

Jika memaksakan untuk mengawinkan ikan dengan usia dibawah 4 bulan, maka bisa dipastikan hal-hal yang telah dikatakan akan terjadi. Bahkan mereka tidak akan kawin karena masih belum waktunya.

Saya rasa cukup sampai disini pembahasa kita kali ini mengenai berapa lama telur ikan cupang menetas dengan informasi lainnya seperti penyebab gagalnya menetas. Semoga dengan informasi yang disampaikan bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Tinggalkan komentar