Berapa Kali Ikan Cupang Betina Bisa Dikawinkan

Sebelumnya Dolimoni sudah membahas cara mengawinkan ikan cupang agar berhasil. Nah pada kesempatan ini kita akan memaparkan tentang berapa kali ikan cupang betina bisa dikawinkan?.

Pengetahuan ini menjadi sangat penting untuk para breeder ikan cupang. Namun agar lebih lengkap, selain membahas berapa kali ikan cupang betina bisa dikawinkan, Dolimoni juga akan menjelaskan berapa kali ikan cupang jantan bisa dikawinkan.

Berapa Lama Ikan Cupang Betina Bisa Dikawinkan Lagi?

Berapa Kali Ikan Cupang Betina Bisa Dikawinkan

Setelah mengawinkan ikan cupang, teman-teman mungkin bertanya-tanya tentang berapa lama ikan cupang betina bisa dikawinkan lagi? Karena tidak mungkin juga setelah kawin langsung dikawinkan lagi.

Jadi ikan cupang betina bisa dikawinkan lagi jika sudah 1 sampai 2 minggu keatas dengan catatan memberikan perawatan terbaik. Dengan perawatan terbaik, dalam jangka 1-2 minggu, perut betina sudah full telur.

Dalam perawatan tersebut, kalian bisa memberikan pakan jentik nyamuk. Jentik nyamuk ini percaya dapat mempercepat pengisian telur dalam perut ikan betina. Dan untuk air, jangan lupa menggunakan garam ikan dan daun ketapang.

Pertanyaan seperti ini muncul karena memang untuk mendapatkan ikan cupang betina sedikit sukar, karena jarang sekali penjual ikan menjual betinanya. Karena mungkin untuk dibudidayakan kembali.

Berapa Lama Ikan Cupang Jantan Bisa Dikawinkan Lagi?

Selain betina, jantan juga menjadi kunci utama untuk menghasilkan keturunan yang bagus. Karena bagi pemula seperti saya untuk mendapatkan jantan dengan gen yang bagus cukup sulit.

Tidak berbeda dengan betina, ikan cupang jantan juga bisa dikawinkan lagi setelah perawatan 1-2 minggu. Pastikan ikan dalam keadaan sehat, aktif dan tidak kuncup agar bisa dikawinkan lagi.

Baca Juga  Cara Mengatasi Ikan Cupang Kuncup

Untuk perawatannya sendiri bisa menggunakan kutu air sebagai pakan, atau bisa diseling dengan jentik nyamuk dan cacing sutra.

Berapa Kali Ikan Cupang Betina Bisa Dikawinkan?

Sebenarnya dengan mengetahu ciri ciri ikan cupang betina siap kawin kita dapat mengetahui berapa kali ikan cupang bisa dikawinkan. Sebenarnya ikan cupang bisa dikawinkan hingga lebih dari 5 kali.

Jadi berapa kali ikan cupang betina bisa dikawinkan? Idealnya bisa dikawinkan sebanyak 2-3 kali. Namun menurut pengalaman saya, 5-10 kali pun bisa saja, dengan catatan ikan sehat dan full telur.

Karena banyak sekali master ikan cupang atau yang lebih paham mengenai ikan cupang mengatakan lebih baik mengawinkan sebanyak 2-3 kali saja dapat mengurangi kualitas anakannya itu sendiri.

Berapa Kali Ikan Cupang Jantan Bisa Dikawinkan?

Berapa Kali Ikan Cupang Jantan Bisa Dikawinkan

Tidak berbeda jauh dengan betinanya, untuk idealnya sendiri bisa dikawinkan sebanyak 2-3x kali. Karena sekali lagi dipercaya akan mempengaruhi keturunannya jika lebih dari 3x.

Namun jika teman-teman ingin mencobanya tidak masalah, karena informasi yang saya dapatkan 10x mengawinkan ikan cupang pun bisa dilakukan. Asalkan ikan dalam keadaan sehat dan aktif.

Pakan dan kondisi air sangat mempengaruhi kesehatan ikan cupang, pakan yang kotor akan memberikan berbagai macam penyakit untuk ikan, salah satunya adalah sisik ikan pada ikan cupang.

Sama halnya dengan kondisi air, kondiri air yang buruk akan menimbulkan berbagai penyakit, misalnya jamur yang menempel pada kulit ikan yang terlihat seperi kapas. Oleh sebab itu pastikan perawatan ikan bagus sebelum mengawinkan.

Saya rasa pembahasan kali ini mengenai berapa kali ikan cupang betina bisa dikawinkan dan pejantannya sampai disini dulu. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk teman-teman yang baru saja memulai budidaya ikan cupang.

Baca Juga  Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Agar Ganas dan Agresif

Tinggalkan komentar