Berapa Hari Ikan Cupang Jantan Dipisahkan dari Anaknya

Berapa hari ikan cupang jantan dipisahkan dari anaknya? Pertanyaan tersebut sering muncul dipikiran pemula ketika melakukan budidaya ikan cupang, karena saya sendiri mengalaminya pada saat pertama kali breeding.

Kapan induk jantan dipisahkan dari burayak cupang merupakan pengetahuan penting bagi para breeders, pasalnya akan bahaya jika tidak dipisahkan pada waktu yang tepat.

Berapa Hari Ikan Cupang Jantan Dipisahkan dari Anaknya?

Pada saat mengawinkan ikan cupang, cupang jantan memiliki peran yang sangat penting untuk kelangsungan hidup si telur hingga menjadi burayak. Jantan akan menjaga dan merawat anaknya.

Lantas berapa hari ikan cupang jantan dipisahkan dari anaknya setelah menetas? Jadi pada hari pertama telur menetas, jantan masih memiliki peran untuk menjaga anaknya. Tidak usah khawatir, jantan tidak akan memakan anaknya asalkan asupan makannya tercukupi.

Jantan dapat dipisahkan dari anaknya atau burayaknya pada saat umur 4 hari setelah telur menetas. Waktu ini bertepatan dengan pemberian makan pada burayak, jadi kalian bisa memisahkan indukan jantan dan kemudian memberikannya pakan burayak cupang.

Kapan Induk Jantan Dipisahkan dari Burayak Cupang

Selain dilihat dari hari, kalian juga bisa mengetahui kapan induk jantan dipisahkan dari burayak cupang dengan memperhatikan burayaknya itu sendiri.

Induk jantan sudah tidak memiliki peran penting ketika burayak sudah bisa berenang sendiri, karena pada awal menetas dia masih belum bisa berenang. Sehingga jantan lah yang menjaganya agar tidak tenggelam.

Jika burayak sudah mampu berenang sendiri yang bisa kalian lihat, dia akan mondar-mandir kesana kemari dan menyebar pada wadah pemijahan, maka induk jantan sudah bisa dipisahkan dari burayak cupang.

Sangat perlu diperhatikan ketika teman-teman memisahkan indukan jantan, pastikan burayak sudah bisa berenang sendiri dan tidak menempel pada buih yang dibuat pejantan.

Baca Juga  Umur Berapa Burayak Cupang Bisa Makan Kutu Air?

Jika dipisahkan ketika burayak masih belum mampu berenang dan menempel pada buih, mereka akan mati tenggelam, karena tidak ada pejantan yang akan membawanya kembali pada buih.

Oleh sebab itu perlu diperhatikan dengan baik-baik. Mungkin cukup sampai disini pembahasan mengenai berapa hari ikan cupang jantan dipisahkan dari anaknya, semoga informasi diatas bermanfaat.

Tinggalkan komentar